ANALISA USAHA RENTAL MOBIL

Diposting pada

Analisa Usaha rental mobil –Umumnya perusahaan besar membutuhkan kendaraan untuk operasional kerja maupun untuk karyawannya. Selain perusahaan,ada juga perorangan yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitas kegiatannya sementara waktu misalnya untuk berkunjung atau tinggal di suatu tempat.dengan menyewa mereka tidak mengeluarkan biaya besar untuk operasional mobil termasuk sopir. Oleh karena itu peluang dalam bisnis ini cukup besar

usaha rental mobil pribadi
usaha rental mobil pribadi

Hal-hal yang perlu diketahui dalam analisa usaha rental mobil

  1. Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam usaha rental mobil pribadi
  • Jeli memilih sopir yang tidak saja pintar mengemudi tapi juga jujur. Tes kemampuan sopir telah mengendarai mobil.Perhatikan cara ia mengemudikan kendaraan anda dan kesabarannya menghadapi pengemudi lain di jalanan
  • Peka dalam memilih penyewa agar tidak sampai tertipu. Minta fotokopi KTP dan data dirinya. Cek dan konfirmasikan kebenaran data yang diberikan.
  • Ketahui mesin mobil meskipun tidak harus sekitar montir. Paling tidak mempelajari pengetahuan dasar tentang mesin sehingga dapat mengenali keadaan mobil waktunya ganti onderdil mesin dan harga onderdil yang wajar. Ada baiknya anda mempunyai montir atau bengkel yang dapat dipercaya untuk menangani
  • Tentukan harga sewa yang murah dan bersaing
  1. Modal yang diperlukan

Modal dalam bisnis ini besar karena harga sebuah mobil minimal 150 juta.Padahal untuk memulai bisnis penyewaan mobil dibutuhkan beberapa mobil yang laku dipasaran. Cara menyiasati untuk meminimalka modal adalah membeli mobil dengan cara kredit pada leasing.Dengan begitu,pembayaran cicilan perbulannya bisa ditutup dengan pembayaran pelanggan.Cara lainnya adalah dengan sistem bagi hasil dengan pemilik mobil atau pemodal.Siasat keuangan seperti ini menjadi salah satu kunci sukses tersendiri bisnis ini.

  1. Kiat menjalankan analisa usaha rental mobil .

  • Pahami seluk beluk bisnis sewa mobil,seperti pemilihan lokasi pelayanan dan pool mobil,tenaga supir dan pemasaran,asuransi mobil dan perizinan usaha ini.Asuransikan kendaraan anda agar terlindung dari kecelakaan dan pencurian.
  • Tertib administrasi diantaranya serah terima mobil dan supir dan penyewa termasuk data penyewa,sopir dan karyawan lainnya
  • Catat setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan sehingga bisa dihitung untung dan ruginya. Begitu juga dengan pembayaran pajak.
  • Tentukan cara pembayaran yang memudahkan pelanggan misalnya transfer ke bank.
  • Tetapkan harga yang bersaing misalnya memberikan harga khusus bagi penyewa kendaraan selama sebulan.
  • Berikan pelayanan yang memuaskan pelanggan
  • Kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan siap dikendarai.
  • Antisipasi kemungkinan buruk yang terjadi dengan mempuyai jalur atau orang yang bisa menangani hal hal seperti kecelakaan mobil atau hilang dan penyewa tidak mau membayar sewa.

 

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita pahami sebelum memulai usaha rental mobil pribadi.Semoga dapat bermanfaat bagi yang akan mencoba memulai usaha ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *