UPGRADE UNICORN STARTUP

Diposting pada

Unicorn Startup

Unicorn startup – Upgrade atau naik level dalam startup disebut juga dengan istilah “Unicorn“. Kenapa disebut unicorn? Pemakaian stilah ini bermula dan perusahaan pendanaan Amerika Cowboy Ventures yang menginginkan adanya sebutan khusus bentuk perusahaan yang memiliki pencapaian valuasi di atas is 1 miliar. Menurutnya, tidak ada alasan khusus memilih ah unicorn. Tetapi yang jelas, Cowboy Ventures sengaja menciptakan sebuah nama khusus agar para penggiat startup terpacu untuk mencapainya.

 

Proses naik level dari yang sekadar startup ke arah unicorn jelas tidak mudah. Syarat utama untuk disebut sebagai unicorn adalah mampu menembus nilai valuasi sebesar USD 1 miliar. Fantastis, bukan? Beberapa perusahaan startup yang mampu membuktikan kesuksesannya antara lain, Uber dengan valuasi USD 51 miliar, AirBnB dengan valuasi USD 25,5 miliar, dan Snapchat dengan valuasi USD 16 miliar. Lalu bagaimana dengan startup di Indonesia?

Ternyata beberapa startup di Indonesia membuktikan bahwa mereka mampu pun menunjukkan perkembangan Bisnis yang sangat pesat. Dengan perkembangannya itu,

Startup di Indonesia bahkan sampai diminati oleh investor asing. Gelar unicorn pun berhasil disandang oleh tiga startup Indonesia yang pasti sudah sangat familiar untuk Anda. Go Jek, Tokopedia, dan Traveloka adalah unicorn-nya Indonesia.

Hebat, bukan? Apakah startup Anda akan menjadi unicorn selanjutnya?

Unicorn startup

UNICORN STARTUP 

Mengingat besarnya nilai valuasi yang harus diperoleh, perusahaan Anda harus memiliki trik khusus untuk bisa menyandang gelar unicorn. Perusahaan Anda wajib tumbuh pesat dan mampu memikat pasar. Cohan (Presiden of Peter Cohan & Associates) memberikan sedikit tips yang akan membantu perusahaan Anda untuk berkesempatan mendapat predikat unicorn, tipsnya adalah sebagai berikut:

 

1. MENINJAU MASALAH

Tinjau kembali masalah awal yang Anda jadikan dasar untuk bisnis startup Anda. Menurut Anda, apakah masalah tersebut sudah terpecahkan dengan produk Anda? Jika belum, maka pelajari lagi, ulas lagi, dan cari solusi lagi. Atau, kembangkan lagi ide bisnis Anda sehingga bisa lebih solutif alias tepat dalam memecahkan masalah.

Lakukan brainstorming, yaitu teknik penyelesaian masalah dengan menciptakan gagasan sebanyak banyaknya. Tentukan gagasan yang ingin Anda jadikan fokus beberapa saja) yang disesuaikan dengan pengalaman perusahaan stortup Anda. Analisa lagi dengan lebih mendalam, apakah sudah sesuai sebaga penyelesaian masalah yang ingin Anda pecahkan sudah, gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda

 

2. CEPAT DALAM MENEBAK PASAR

Menebak pasar bukanlah hal yang sulit bagi sebagian orang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis. Tetapi hal ini bisa jadi sangat suit dilakukan oleh orang awam. Pasar bisa muncul dengan begitu cepat, dan menghilang dengan begitu cepat pula. Bahkan, sering kali pasar muncul dengan tanda yang sangat samar dan saling tumpang tindih satu sama lain.

Agar Anda lebih mudah untuk menebak keinginan pasar maka, lakukanlah pengujian Pengujian tersebut adalah mengenai minat pasar apakah tepat dengan apa yang Anda pikirkan. Caranya, tentukan segmen pasar dan bagi menjadi beberapa grup. Bagikan gagasan Anda ke tiap-tiap grup (1 grup 1 gagasan). Lalu, mulailah melakukan observasi. Dan Gagasan yang telah diberikan apakah anggota grup berminat membeli produk Anda?

Seberapa sering mereka akan menggunakan produk Anda? Dari proses inilah, Anda akan menemukan produk yang mendapatkan respons paling baik

3.BANGUN DAN UJI PROTOTYPE

Buatlah prototype atau rancangan produk dengan memberikan fitur yang dirasa paling dibutuhkan oleh calon pengguna. Lakukan pengujian terhadap prototype kepada grup yang sudah Anda tentukan untuk melihat respons mereka. Jangan lupa untuk meminta pendapat saran ataupun kritik dari prototype yang Anda cobakan

Lakukan perbaikan prototype hingga sebagian besar pengguna memberikan respons yang positif

Langkah ini membantu Anda dalam menghasilkan produk yang benar-benar dibutuhkan serta diminati pasar. Sebab, Anda sudah menghujat mendapat masukan dan memperbaikinya sesuai dengan pasar yang dibidik

Dengan pengujian terhadap prototype ini, Anda juga terhindar dari kerugian besar, apabila ternyata produk Anda kurang diterima oleh pasar

Unicorn Startup

4. JUAL KE PASAR

Tahap ini dimulai saat Anda sudah yakin dengan produk Anda. Di sini, Anda akan mulai meraup keuntungan dari bisnis Anda dan memperjuangkan gelar unicorn Agar penjualan lebih efektif, Anda perlu membuat divisi khusus untuk pemasaran dan penjualan. Divisi pemasaran akan membantu Anda

mempromosikan produk baik ke perorangan sampai perusahaan besar. Sedangkan divisi penjualan akan secara langsung menjual produk Anda ke konsumen.

Kedua divisi ini harus diisi dengan orang-orang yang potensial karena sangat mempengaruhi pertumbuhan startup Anda.

Selain itu, Anda tidak melakukan pemborosan sumber daya manusia dengan memanfaatkan orang orang yang tidak berpotensi melariskan produk Anda. Ingat, tonggak paling utama dalam majunya perusahaan justru pada sisi penjualan ini. Bisa saja, jualan adalah kunci kebanyakan bisnis menjadi sukses Bahkan, Dewa Eka Prayoga, Founder dan CEO Billionaire Coach dalam bukunya “30 Hari Jago Jualan” menyatakan bahwa “banyak perusahaan bangkrut bukan karena Sumber Daya Manusia-nya yang kurang, operasional yang bermasalah, atau kacaunya pengaturan keuangan, melainkan sebagian besar karena tidak mau dan tidak bisa JUALAN.”

Menciptakan produk, menguji melakukan analisis, memberikan sentuhan pengembangan, semua hal ini tak akan ada artinya jika produk pada akhirnya tidak terjual. Jadi, bisa dibilang suatu perusahaan akan mati jika tidak bisa menjual produknya. Tanpa produk, bagaimana suatu perusahaan bisa mendapat dana?

5. PERLUAS USAHA

Sebelumnya Anda telah menentukan target pasar untuk produk Anda dan mengeksekusinya. Setelah itu, Anda akan merasa bahwa masih memerlukan konsumen lain untuk kelangsungan bisnis Anda. Cara tepat yang dilakukan adalah memperluas pasar Anda sampai tingkat global Apakah terkesan muluk-muluk?

Tentu tidak Pasar global akan membawa bisnis Anda menuju puncaknya, jika memang bisnis Anda diminati di pasaran

Jika Anda berhasil memasuki pasar global dan bahkan mampu menguasainya, yakinlah bahwa status unicorn sangat mudah didapatkan. Namun, tentunya untuk memperluas usaha ke pasar global bukan perkara mudah Setidaknya, tahap pertama adalah meluaskan pasar setingkat lebih luas dari yang sudah Anda rambah.

Jika biasanya Anda cuma melayani satu pulau, luaskan ke satu negara. Bila sudah satu negara, coba loncat ke negara tetangga. Tapi jika sudah merasa mampu, langsung saja menuju ke pasar global.

Dengan catatan, Anda harus punya business plan yang matang. Mengubah strategi bisnis, berarti Anda perlu merancang ulang rencana bisnis yang sudah Anda susun. Jadi, jangan lupa untuk sesuaikan lagi rencana bisnis dengan visi dan misi perusahaan Anda yang terbaru. Jika Anda menarget pasar global, berarti Anda perlu menulis ulang mengenai strategi pemasaran untuk menggaet masyarakat global

 

 

 

One thought on “UPGRADE UNICORN STARTUP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *