Tips Startup
tips startup bagi pemula

Tips Startup Bagi Pemula

Diposting pada

TIPS STARTUP BAGI PEMULA

Tips Startup Bagi Pemula – Apa yang akan Anda lakukan setelah berhasil mendirikan perusahaan startup? Sudah puas atau mau lanjut? Jika Anda pain melanjutkan bisnis yang sudah Anda rintis, Anda barus mau meluangkan waktu yang lebih banyak untuk mengembangkan bisnis Anda ini. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan bisnisnya. Orientasi tap entrepreneur berbeda dalam bisnisnya. Ada yang ingin mengutamakan kepuasan pelanggan dahulu sebelum mendapat keuntungan atau sebaliknya.

Tips Startup
Tips Startup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengembangkan startup yang sudah dirintis, ada beberapa tips startup  yang bisa dilakukan. Beberapa cara tersebut misalnya:

1.IKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN

Jika Anda ingin produk Anda selalu dijadikan pilihan oleh pengguna, ikutilah perkembangan. Kehidupan manusia mudah dipengaruhi dengan hal-hal baru di sekitarnya yang membuat mereka ingin mencobanya Jika Anda tidak mau mengikuti perkembangan zaman yang ada, maka bisnis Anda pun semakin lama semakin tenggelam dengan bisnis ban yang lebih up to date

2.INOVATIF.

Inovasi di dalam bisnis startup sangat sangat diperlukan. Dengan inovasi terus menerus terhadap produk, Anda akan membawa bisnis Anda selalu di depan. Saat produk Anda menguasai pasar, jangan berpikir untuk beristirahat Justru inilah tantangannya Anda harus mampu mempertahankan posisi produk Anda agar selalu menjadi pilihan pengguna

Dengan berinovasi, diharapkan produk Anda dapat selalu sesuai dengan kebutuhan pengguna dari masa ke masa. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis pasar untuk memahami kebutuhan konsumen. Dengan begitu, Anda dapat berinovasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Anda juga bisa memunculkan inovasi yang belum pernah ada di bisnis serupa. Hal ini tentu saja menarik penasaran pengguna.

Tips Startup Bagi Pemula

3.PIVOT

Pivot adalah kegiatan perubahan. Ada kalanya Anda sudah tidak tahu mau berbuat apalagi untuk startup Anda. Jika hal ini terjadi, Anda dapat berdiskusi dengan tim Anda untuk melakukan perubahan pada bisnis Anda. Misalkan, dengan perubahan target pasar atau bisa juga Anda akan merubah layanan bisnis Anda.

Perubahan ini tergantung dari keberanian perusahaan Anda. Seekstrem adapun perubahan yang dilakukan, jika dirasa perubahan itu akan menghasilkan sesuatu yang positif, maka jangan ragu untuk melakukannya.

Ingat bahwa tujuan dari pivot ini tidak lain adalah untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan startup Anda,

4.PERBAIKAN MANAJEMEN

Awal berdirinya startup biasanya tidak terlalu memerhatikan aspek manajerial. Ini karena bisnis masih dianggap sederhana dan tidak terlalu membutuhkan divisi yang spesifik. Tetapi, jika Anda bertujuan dengan pengembangan bisnis Anda ke skala lebih besar, maka Anda harus mulai mengatur manajemen perusahaan Anda. Dengan melakukan perekrutan sumber daya dan pembagian tugas dengan spesifik, hal ini akan memperbaiki dan memperlancar kinerja dalam perusahaan Anda.

5.PERLUASAN PASAR

Salah satu ciri bisnis Anda sudah berhasil berkembang adalah saat Anda mendapat pelanggan dan keuntungan yang lebih banyak. Untuk mendapatkan lebih banyak, Anda perlu memperluas pasar Anda. Jangan batasi pada target Anda saja. Jika Anda merasa sudah mampu menguasai target pasar yang ditentukan sebelumnya, maka sudah saatnya Anda mulai melebarkan sayap dengan memasuki pasar yang lebih besar lagi

6.LEGALKAN BISNIS ANDA!

Legalitas adalah hal yang mutlak diperlukan dalam bisnis. Meskipun startup berbasis teknologi.

Anda tetap memerlukan pengakuan hukum terkait dengan bisnis Anda. Selain mendapat perlindungan, adanya pengakuan hukum atas startup Anda juga dapat dijadikan sarana promosi dan dapat meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis startup. Bagaimana dengan modal awal untuk kita memulai bisnisn startup? Modal memang utama, tapi yang namanya modal tidak selalu harus uang. Sekarang, banyak calon pebisnis yang ingin cepat dengan memakai modal pinjaman  dari bank untuk memulai bisnisnya . Semuanya tergantung anda dalam memutuskan. Ingat, modal berupa uang memang mutlak tapi memulai dengan kemauan dan skill yang mumpuni juga penting sebelum memulai usaha start up anda.

TIPS startup bagi pemula
Tips Starup bagi pemula

 

Baca juga : Langkah langkah memulai usaha baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *