Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Diposting pada

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Perbedaan Google Meet Vs Zoom – Coronavirus telah memaksa orang untuk menjadi kreatif dalam hal bagaimana mereka berkomunikasi dengan kolega, pelanggan, dan mitra. Berkat era digital yang kita jalani sekarang, kita sekarang memiliki banyak pilihan untuk tetap terhubung dengan semua pemangku kepentingan melalui konferensi video. Dengan begitu banyak pilihan untuk alat rapat video bisnis yang tersedia, ada baiknya melihat perbedaan dan persamaan di antara mereka. Dalam artikel ini saya membuat perbandingan antara alat konferensi video online berbasis Cloud yang paling populer saat ini: Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet. Mari kita lihat fungsionalitas dan batasannya untuk melihat mana yang paling sesuai dengan konferensi video Anda.

Apakah Anda mencari alat konferensi video online yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pertemuan video Anda? Bukan milik Anda sendiri, tetapi juga tim Anda dan seluruh organisasi Anda? Apakah Anda memiliki pertanyaan rapat video berikut dan Anda mencari solusi yang sempurna?

  • Saya ingin mengadakan pertemuan online satu-satu
  • Saya ingin menawarkan jam kantor virtual
  • Saya ingin menjalankan sesi pelatihan online untuk tim atau kelas saya
  • Saya ingin polling peserta saya atau menugaskan mereka ke tugas  tertentu
  • Saya ingin merekam pertemuan online di cloud untuk dilihat nanti oleh peserta
  • Saya ingin mengadakan pertemuan online di mana data penggunaan terbatas dapat dibagikan
  • Saya ingin mengatur pertemuan dengan peserta eksternal
  • Saya ingin siaran langsung konferensi video
  • Saya ingin mengatur pertemuan dengan lebih dari 200 peserta

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Google Meet,  dan Zoom untuk membantu Anda memilih alat konferensi video terbaik untuk semua rapat video tersebut

Semua alat ini memiliki fungsi yang Anda butuhkan untuk terhubung dengan karyawan dan rekan kerja melalui konferensi video, tetapi masih berbeda satu sama lain.

Mereka bervariasi pada berbagai aspek, mulai dari kemampuan untuk kemungkinan kolaborasi dan rencana harga. Pada artikel ini kita akan melihat semuanya.

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Google Meet

Aplikasi konferensi video Google di dalam G Suite telah dirancang khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan bisnis. Ini adalah antarmuka yang mudah digunakan yang dapat menangani hingga 250 orang dalam rapat konferensi video online, tergantung pada langganan G Suite tempat Anda berada. Antarmuka yang mudah digunakan yang terintegrasi penuh dengan aplikasi G Suite lainnya seperti Google Kalender memungkinkan orang untuk membuat dan keluar masuk rapat dengan cepat, hanya dengan mengklik tautan.

Menanggapi krisis coronavirus, pada 3 Maret, Google mengumumkan bahwa fungsionalitas Perusahaan dari Google Meet akan tersedia sementara untuk semua pelanggan G Suite. Semua pelanggan G Suite dan G Suite for Education akan mendapatkan batasan hosting hingga 250 peserta per panggilan, dapat merekam dan menyiarkan langsung pertemuan video mereka hingga 30 September 2020.

Pada awal April, Google mengumumkan bahwa mereka akan mengganti nama Google Hangouts Meet menjadi Google Meet, menambahkan tawaran bisnis yang tidak dapat menolak peluncuran ini.

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

 

ZOOM

Zoom adalah salah satu alat konferensi video online yang paling banyak digunakan saat ini. Sangat mudah digunakan dan kualitas video dan audionya cukup baik. Zoom juga memiliki cukup banyak fungsi rapat.

Tetapi karena penggunaan Zoom meningkat dalam beberapa minggu terakhir, beberapa keamanan serius masalah terekspos. Bahkan sebuah kata baru ditemukan, “Pemboman Zoom”, untuk menunjukkan risiko keamanan peretas atau orang lain yang menyerang rapat video Anda. Untuk bisnis, risiko keamanan ini tentu saja perlu diperhitungkan saat memutuskan alat konferensi video yang ideal

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Keamanan alat konferensi video Anda

ZOOM

Pekan lalu, keamanan Zoom jelas merupakan masalah. Penyusup telah dapat mengakses pertemuan video yang tidak dilindungi kata sandi. Ini menyebabkan masalah privasi yang serius, dengan peserta yang tidak diundang melecehkan pertemuan bisnis online, misalnya. ‘Zoom-bombing’ telah menjadi fenomena yang tidak disukai.

Zoom mengklaim menerapkan enkripsi ujung-ke-ujung (bentuk komunikasi internet paling pribadi) tetapi sebenarnya Zoom menggunakan definisi istilah itu sendiri. Enkripsi yang digunakannya untuk melindungi rapat adalah TLS. Ini berbeda dari enkripsi ujung-ke-ujung karena layanan Zoom itu sendiri dapat mengakses konten video dan audio yang tidak dienkripsi dari rapat Zoom

Google Meet

Google Meet lebih aman daripada Zoom. Ini mengenkripsi pesan tetapi tidak menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Pesan dienkripsi “dalam perjalanan”. Ini berarti bahwa mereka hanya dienkripsi antara perangkat Anda dan server Google. Namun, tidak seperti dengan Zoom, tautan rapat video Google Hangouts Meet dapat dibuat hanya tersedia untuk orang-orang dalam suatu bisnis. Ini adalah berapa banyak teknologi G Suite bekerja.

 

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Jumlah Peserta Maksimal

Bergantung pada apakah Anda perlu mengatur pertemuan video perusahaan online besar atau pertemuan yang lebih kecil saja, jumlah orang yang diizinkan dalam alat konferensi video Anda bisa menjadi titik buat atau jeda bagi Anda.

Google Meet: Anda dapat menggunakan Google Meet untuk berbicara dengan lebih dari satu orang secara bersamaan. Rapat dapat mencakup hingga 100 orang dengan G Suite Basic. Anda dapat mengundang 150 orang dengan G Suite Business dan hingga 250 orang dengan lisensi G Suite Enterprise. Hingga 30 September 2020, semua pelanggan G Suite dapat menggunakan batas 250 orang.

Zoom: ada maksimum 100 peserta (termasuk tuan rumah) per pertemuan. Jika Anda ingin mengundang lebih banyak orang, Anda harus mengubah paket dan membayar lebih. Anda kemudian dapat menampung hingga 500 peserta, saat Anda membeli add-on “rapat besar”.

 

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Batas waktu

Tidak seorang pun ingin memiliki perasaan bahwa Anda belum memiliki kesempatan atau waktu untuk membahas apa yang penting bagi Anda. Alat mana yang memungkinkan Anda bergaul melalui video selama Anda suka tanpa batas waktu? Lihat di bawah ini:

Zoom: Zoom memiliki batas bagi mereka yang menggunakan paket Gratisnya. Meskipun Anda dapat membuat jumlah panggilan yang tidak terbatas, setiap panggilan hanya dapat bertahan hingga 40 menit. Jadi, jika rapat Anda berlangsung kurang dari 40 menit dan Anda dengan kurang dari 100 orang, versi gratisnya sudah cukup. Jika Anda menggunakan akun pro atau sesuatu yang lebih mahal dari itu, batasnya naik ke durasi 24 jam.

Google Meet tidak memiliki batasan berapa lama panggilan yang dapat Anda lakukan

 

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Merekam rapat video Anda

Merekam rapat atau konferensi video digital apa pun bisa sangat berguna. Rekaman yang Anda rekam dapat digunakan dalam berbagai cara: memasarkan video, presentasi internal, untuk tujuan pelatihan, dll. Mari kita lihat fitur ini dan bagaimana alat yang berbeda menanganinya di bawah ini:

 

Google Meet: Rekam rapat Anda dalam dua klik dengan Google Meet. Abadikan audio, video, obrolan, dan aktivitas berbagi layar. Setelah pertemuan video Anda berakhir, rekaman secara otomatis disimpan ke Google Drive Anda. Jika Anda membuat pertemuan video melalui Kalender Google, rekaman itu juga akan dapat diakses melalui entri Kalender. Menghitung kue: fungsionalitas perekaman Google Meet gratis untuk semua pelanggan G Suite hingga 30 September 2020.

Zoom: Dengan Zoom Anda dapat merekam rapat Anda. Rekaman disimpan hanya untuk komputer lokal Anda

 

Berbagi layar,perbedaan Google Meet Vs Zoom

Berbagi layar Anda, sehingga orang lain dapat melihat apa yang Anda lihat dan lakukan di layar Anda, adalah fitur penting untuk pertemuan bisnis. Ini berguna ketika Anda harus menyajikan beberapa fakta & angka dari presentasi atau visual, misalnya. Anda juga dapat memberikan demonstrasi dan demo waktu nyata.

 

Google Meet: Hanya satu orang yang dapat membagikan layar mereka sekaligus selama konferensi video. Namun berkat hubungan dengan G Suite, Anda dapat dengan mudah berbagi dokumen, gambar, dan file melalui fitur obrolan ruang rapat.

Zoom: host rapat dapat memungkinkan beberapa orang berbagi layar secara bersamaan.

Perbedaan Google Meet Vs Zoom

Alat Kolaborasi

Google Meet: Meet skor beberapa poin karena integrasinya yang mulus dengan aplikasi Google lainnya, dan kenyataan bahwa ia dibundel dengan banyak layanan lain. Google Meet adalah produk Google sehingga berfungsi dengan baik dengan semua alat G Suite lainnya seperti Google Calendar – yang membuatnya lebih mudah untuk membuat rapat atau menambahkan informasi ke rapat – Google Drive, Gmail, Google Chat, …

Zoom: Zoom adalah platform cloud untuk konferensi video dan audio, kolaborasi, obrolan, dan webinar. Anda harus membuat akun Zoom untuk memulai rapat atau bergabung dengannya.

 

Dial-in 

Google Meet: Dengan G Suite Basic, Business, dan Enterprise siapa pun dapat masuk ke pertemuan video Anda dari telepon (nomor nasional dan internasional). Bertemu tidak membutuhkan add-on tambahan. Google tidak memungut biaya tambahan bagi peserta untuk menelepon. Ini sangat mudah digunakan: cukup tekan nomor yang ditunjukkan dan masukkan kode pin kanan yang keduanya termasuk dalam undangan Bertemu.

Zoom: Memanggil Zoom melalui saluran telepon itu mudah tapi mahal. Anda hanya perlu nomor telepon Zoom lokal dan ID Rapat. Perhatikan bahwa angka-angka ini akan dikenakan tarif lokal ke negara asal mereka. Nomor-nomor dial-in ini tersedia

Pages ( 1 of 2 ):
1
2Next »

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *