BUDIDAYA IKAN LELE DI KOLAM TERPAL

Diposting pada

Budidaya ikan lele dikolam terpal

Ternak lele kolam terpal pemula

Budidaya ikan lele di kolam terpal-Sebelum memulai budidaya ikan lele,terlebih dahulu kita melakukan pembenihan. Usaha  pertama adalah bagaimana kita bisa untuk menghasilkan benih ikan (lele) pada ukuran tertentu. Untuk menunjang proses pembenihan lele, dibutuhkan kolam pemijahan, bak penetasan kolam pendederan.

budidaya ikan lele
budidaya ikan lele

Ternak lele pemula

Berikut cara budidaya ikan lele di kolam terpal pemula

Bak terpal plastik merupakan salah satu wadah alternatif untuk pemijahan lele. Pengadaan terpal lebih murah dibandingkan dengan pembuatan bak semen.terpal plastik tersebut dibentuk menyerupai baik sehingga dapat menampung air.Cara pembuatannya dengan menyusun sejumlah bata atau batako di sekeliling pinggiran plastik.

Kolam terpal plastik mempunyai nilai efisiensi dan efektivitas untuk budidaya lele. Cara pembuatannya pun relatif mudah. Oleh karena itu, cara ini termasuk tepat guna. Untuk budidaya lele disarankan penggunaan terpal yang berwarna gelap seperti coklat atau hitam. Hal ini dikarenakan lele lebih beradaptasi hidup di tempat gelap.

Cara  dalam melakukan pembesaran lele dengan kolam terpal dapat dilakukan di pekarangan ataupun di halaman rumah. Bahan yang digunakan untuk usaha budidaya lele ini dapat berupa lahan yang belum termanfaatkan atau lahan yang telah dimanfaatkan namun kurang produktif.

Dengan demikian luas kolam yang akan dibuat sesuai dengan lahan yang tersedia.

Kolam terpal yang akan dibuat ini dengan menggunakan terpal plastik kualitas nomor satu. Terpal plastik yang dipilih umumnya berukuran lebar 6 meter dan panjang 8 meter. Ukuran terpal plastik tersebut dapat menghasilkan sebuah kolam terpal dengan ukuran lebar 3-4 m, panjang 5-6m, dan tinggi sekitar 1 meter.

Langkah selanjutnya adalah permukaan tanah yang akan digunakan untuk tempat kolam terpal harus diratakan terlebih dahulu.Dasar tanahnya dibuat kemalir atau saluran air tengah untuk memudahkan pengeringan dan pengumpulan lele pada waktu panen.

Selanjutnya permukaan tanah yang telah rata dan kemalir tersebut ditimbun dengan pasir halus seluas ukuran kolam terpal yang akan dibuat. Lapisan pasir sebagai landasan kolam terpal disiram pakai air agar menjadi lebih padat. Ketinggian pasir sebagai dasar terpal kurang lebih 10 cm.lapisan pasir tersebut berfungsi sebagai pelapis agar dasar kolam tidak mudah bocor atau pecah jika terinjak saat kaki masuk ke dalam kolam.

Setelah itu, membuat penyangga dinding kolam di sekeliling kolam terpal.ada beberapa alternatif pilihan untuk menyangga  yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut

  • Anyaman  dari bambu yang sudah dilengkapi dengan tiang tiang dari bambu atau tiang dari beton
  • Semen batako dapat disusun di sekeliling dinding kolam . Apabila kolam sudah kita semen dengan batako,maka  tiang-tiang penyangga disekeliling kolam tidak diperlukan lagi
  • Karung bekas yang sudah  diisi pasir atau tanah dan disusun di sekeliling kolam terpal plastik

One thought on “BUDIDAYA IKAN LELE DI KOLAM TERPAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *