bisnis starup

CARA MEMULAI BISNIS STARUP

Diposting pada

Cara memulai bisnis startup

Cara memulai bisnis starup – Sebelum membahas tentang apa yang perlu dilakukan, anda harus mengetahui lebih dulu langkah langkah apa saja yang harus dilakukan. Ini adalah langkah-langkah dari pendirian startup.

 

bisnis starup
bisnis starup
  1.  Cara memulai bisnis starupPenentuan Ide

Yang pertama kali dilakukan dalam menjalankan starup adalah menentukan jenis starup apa yang akan dibuat. Ide ini dapat berasal dari mana saja. Untuk memudahkan anda pilihlah ide yang sesuai dengan permasalahan di sekitar Anda. Analisis permasalahan yang dihadapi setiap orang di sekitar Anda atau bahkan diri Anda sendiri. Dan jika bias, pikirkan sampai permasalahan yang dihadapi oleh orang banyak pada umumnya. Dari permasalahan tersebut,pikirkan solusi yang dapat digunakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tidak hanya solusi,pastikan anda juga memberikan kemudahan dalam konsep bisnis yang menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Ide bisnis ini ada berbagai macam. Bisa jadi ini benar-benar masih baru, atau belum ada orang lain yang menggunakan alternatif ini. Tetapi bisa juga ide yang anda buat ini terinspirasi dari startup lain sehingga anda hanya mengembangkannya menjadi lebih baik.tetapi bisnis dengan mengembangkan milik orang lain ini biasanya cukup sulit karena sudah kalah popularitas dibanding dengan pemain lama.selain itu belum tentu alternatif baru yang anda buat ini menarik minat pengguna untuk berpindah kepada anda. Namun demikian kedua cara menentukan ide bisnis, baru atau pengembangan tidak ada yang salah. Jika merasa ide Anda cukup menjual ke publik, tunggu apa lagi? Lakukan saja

Setelah anda mendapatkan ide bisnis,Anda juga perlu memperhitungkan apakah produk Anda ini sudah waktunya untuk masuk ke pasar. Maksudnya adalah bisa jadi pikiran anda terlalu revolusioner anda ingin membuat bisnis start up A, hanya saja dalam masa tersebut, teknologi di tempat anda kurang memadai untuk menjalankan bisnis anda. Dan kalaupun ada, itu akan menjadi sangat mungkin kesempatan untuk berhasil di pasaran besar tetapi bagaimana dengan pengembangan dan produksinya?apakah anda dan tim Anda mampu untuk menghadapi tantangan yang yang juga lluar biasa besar di awal perjalanan bisnis anda

  1. Cara memulai bisnis starup-Membentuk Ide

Dalam pembentukan tim ini dapat dikaitkan dengan ide bisnis anda.1 hal yang perlu diketahui dalam memutuskan suatu ide adalah apakah anda menguasai bidang tersebut? Akan menjadi hal yang mudah jika Anda memang sudah expert dalam bisnis itu. Namun jika tidak, maka anda akan membutuhkan support cukup besar dari pihak lain. Jika anda tetap berpendirian dengan ide bisnis anda sementara anda tidak terlalu paham atau bahkan sama sekali tidak paham mengenai bidang tersebut, anda perlu mencari mitra atau merekrut pekerja yang mampu menopang kekurangan anda.

Disinilah pentingnya.tujuan dibentuknya tim adalah agar pekerjaan cepat selesai dan dapat dikerjakan dengan baik. Maka dari itulah, diperlukan orang-orang ahli dalam tim tersebut.anda akan tetap memerlukan tim untuk bekerjasama dengan anda demi menyelesaikan pekerjaan. Jangan lupa,bentuklah tim dengan kemampuan terbaik sesuai kebutuhan perusahaan staf anda dan yang memiliki visi sama dengan anda

  1. Cara memulai bisnis starup-Ide—>produk 

Awal start up berasal dari sebuah ide yang bisa didapat dari diri sendiri atau bersama-sama dengan orang lain. Setelah mendapat ide, anda perlu mengira Mirah berapa orang yang sekiranya diperlukan untuk mewujudkan ide anda itu. Lalu terbentuklah suatu tim dengan spesialisasinya masing-masing. Tim bisa dibentuk dari perekrutan mitra bisnis, outsource, bisa juga anda membayar sariawan untuk ini. Setelah itu barulah Anda dapat mulai melakukan tahapan yang berikutnya yakni penciptaan produk. Perlu diingat, buatlah bisnis plan terlebih dahulu. Kenapa? Karena bisnis plan alias rencana bisnis adalah hal penting dengan segudang manfaat bagi kesuksesan bisnis anda.

Kegagalan produk bukan hanya karena produk yang pelik layanannya tapi bisa juga karena tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Karena arti bagus di sisi owner belum tentu sama dengan arti dari sisi pengguna. Produk tidak harus muncul dengan sempurna ke publik. Mungkin Anda memiliki beragam fitur yang siap untuk dinikmati pengguna, tetapi tidak semua bermanfaat atau menarik perhatian mereka.

Setelah selesai dengan perbaikan dan penyempurnaan produk,pastikan anda mendapatkan paten untuk produk Anda tersebut.bisa jadi suatu hari nanti ada orang lain yang membuat bisnis serupa dengan anda.

  1. Cara memulai bisnis starup- Peluncuran produk dan promosi 

Selesai dengan urusan pembuatan produk, saatnya anda melangkah segera untuk meluncurkan produk tersebut. Ingat, munculkan produk Anda secepat dan sesegera mungkin.hal ini dimaksudkan untuk menghindari perusahaan lain yang meluncurkan startup yang sejenis. Ini sangat mungkin terjadi jika startup Anda ditiru sebelum peluncuran. Mungkin juga karena adanya kemiripan pemikiran antara anda dengan usaha lain yang memiliki starup serupa.

Setelah produk Anda berada di, tidak dipungkiri bahwa kritik dan saran akan tetap bermunculan. Ditambah kemungkinan produk Anda akan dibandingkan dengan produk lain yang serupa kembali lagi dengan kritik saran yang masuk,buatlah pertimbangan untuk upgrade produk Anda sampai sebagian besar pengguna terpuaskan dengan produk Anda

Proses peluncuran produk baiknya dibarengi dengan kegiatan promosi. Jadi anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pengguna. Melakukan kegiatan promosi dengan berbagai cara. Manfaatkan internet sebaik-baiknya. Buat promosi produk Anda semenarik mungkin

  1. Cara memulai bisnis starup-Target pertumbuhan 

Anda perlu membuat target pertumbuhan dan selalu memantau nya. Apa gunanya target pertumbuhan?fungsi adanya target pertumbuhan adalah memudahkan anda untuk memantau perkembangan dari bisnis Anda tersebut. Setiap pebisnis pasti telah menentukan target untuk. Untuk menentukan target pertumbuhan tersebut, dapat dilakukan dengan melihat lama dari hasil penjualan. Banyak manfaat yang akan didapat jika anda membuat target penjualan. Yang pertama adalah anda memiliki kerangka untuk menetapkan strategi. Selain itu, ini akan memicu anda untuk memenuhi target penjualan bahkan melampauinya.

Target tidak hanya dilihat dari laba saja tetapi bisa juga dilihat dari tingkat kunjungan visitor pengguna ke produk Anda, lalu transaksi yang dilakukan dengan menggunakan produk Anda dan lain sebagainya. Target pertumbuhan ini dapat dilihat dengan memanfaatkan salah satu fitur Google yaitu Google analytics. Disini anda dapat melihat berapa visitor yang aktif, halaman yang paling sering dikunjungi, peringkat lokasi pengunjung dengan visitor terbanyak makan dapat melihat website apa yang paling sering

  1. Sumber dana 

Tidak sedikit biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah startup. Ditambah lagi dengan biaya pengembangan produk dan maintenance yang tidak mungkin hanya dilakukan satu kali. Oleh karena itu seorang pebisnis starup harus memiliki sumber dana yang menunjang perusahaannya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh dana yang tidak semua ditanggung oleh perusahaan anda sendiri.berikut akan dijelaskan sumber pendanaan yang mungkin dapat anda jadikan referensi untuk bisnis starup anda.

A.Dana pribadi

Pages ( 1 of 2 ):
1
2Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *